prediksi bola
PREVIEW Piala AFF – Indonesia vs Philipina
Published On: Tue, Nov 25th, 2014

PREVIEW Piala AFF – Indonesia vs Philipina

Jadwal Indonesia vs Philipina, siaran langsung Piala AFF 25 November 2014.
Timnas Indonesia akan menghadapi Filipina pada laga kedua Grup A Piala AFF 2014 di Stadion My Dinh, Hanoi, Vietnam, Selasa (25/11/14) sore WIB.

Sebelum lima tahun terakhir, setiap tim yang bergabung di grup yang sama dengan Filipina akan bernafas lega. Bagi tim-tim besar seperti Thailand, Vietnam, Singapura maupun Indonesia, berada dalam satu grup dengan The Azkals sama saja dengan memastikan tiga poin di tangan. Tinggal berapa banyak gol yang bisa mereka sarangkan.

Dari perhelatan AFF pertama tahun 1996 hingga keenam tahun 2007, Filipina lima kali berada di dasar klasemen grup dan tak sekalipun lolos dari fase tersebut. Total selama enam edisi tersebut, The Azkals hanya mengantongi empat poin. Pada 2002, Indonesia bahkan berpesta gol 13-1 ke gawang Filipina.

Namun Filipina membuat kejutan pada dua edisi terakhir. Tahun 2010 mereka berhasil mengalahkan Vietnam di fase grup dan lolos ke fase semifinal sebelum takluk secara agregat 0-2 dari Indonesia. Pada edisi 2012, Filipina mengulang catatan yang sama, mengalahkan Vietnam dan lolos ke semifinal. Kali ini langkah mereka dihentikan Singapura dengan agregat sangat tipis, 0-1.

Grafik mereka terus menanjak. Pada gelaran AFF kali ini, tim besutan Thomas Dooley itu menang telak 4-1 atas Laos pada laga perdana dan memuncaki klasemen Grup A. Ini adalah start terbaik sepanjang sejarah keikutsertaan The Azkals di Piala AFF.

Perkembangan Filipina tak lepas dari masuknya pemain-pemain naturalisasi ataupun keturunan, yang dimulai oleh Chris Greatwitch dan Anton del Rosario dari Amerika Serikat pada 2004. Saat ini, ada 14 pemain naturalisasi maupun keturunan yang lahir dan besar di luar negeri yang memperkuat Filipina, termasuk James dan Phil Younghusband serta John Hartman.

Berbekal pemain dengan postur Eropa, pertahanan Filipina menjadi sangat solid. Statistik menunjukkan Filipina tak pernah kebobolan lebih dari dua gol dan selisih lebih dari satu gol dalam setiap pertandingan sejak 2010 lalu. Pelatih timnas Indonesia, Alfred Riedl, pun awas dengan fakta ini.

“Saya lihat mereka dua hari lalu. Mereka tim yang bagus utamanya di lini belakang,” ujar Riedl, yang memimpin Indonesia melawan Filipina tahun 2010 lalu.

“Tahun 2010 lalu, Filipina tim kuat. Buktinya mereka masuk semifinal. Saya yakin sekarang kami akan menghadapi kesulitan yang sama seperti 2010 lalu. Atau mungkin lebih menyulitkan,” pria berusia 65 tahun itu menambahkan.

Lawan Laos, Patrick Reichelt mencetak dua gol untuk Filipina namun Riedl lebih mewaspadai pemain yang berada di balik layar permainan Filipina.

“Nomor 29 (Reichelt) memang mencetak dua gol. Tapi nomor 10 (Younghusband) mungkin paling berbahaya. Dia sangat pintar serta pemain yang cerdas,” pelatih asal Austria itu menegaskan.

Sementara itu, persiapan Indonesia sendiri tak maksimal untuk event ini. Mepetnya waktu penyelenggaraan dengan jadwal final Liga Super Indonesia (ISL) membuat Riedl baru bisa berlatih dengan skuad lengkap kurang dari dua pekan sebelum keberangkatan. Sang pelatih juga hanya punya dua kesempatan laga uji coba untuk menentukan daftar pemain final.

Meski demikian, hasil imbang 2-2 pada laga perdana lawan tuan rumah Vietnam menunjukkan bahwa kekuatan lama Asia Tenggara ini tak patut diremehkan.

“Kami siap menghadapi salah satu tim terbaik turnamen ini. Menurut saya, kami berada pada posisi underdog. Indonesia-lah yang diunggulkan pada pertandingan besok. Kami akan melakukan yang terbaik dan semoga mendapat hasil maksimal,” papar pelatih warga negara Amerika Serikat-Jerman ini.

Kita sudah melihat mereka waktu lawan Vietnam yang notabene terkuat di Grup ini. Kami harus melakukan yang terbaik untuk memenangkan pertandingan besok. Sebab Indonesia bukanlah lawan yang mudah,” ia menegaskan.

Meski demikian, pelatih berusia 52 tahun itu tak segan-segan mematok target menang dan memastikan diri lolos ke semifinal. Lebih jauh, Dooley tak sungkan memasang target juara Piala AFF 2014.

“Itu akan menjadi perayaan yang besar buat kami. Itu juga menjadi tujuan kami. Tapi pertama yang harus kita adalah memenangkan pertandingan besok,” ia menegaskan.

Riedl sepertinya akan memainkan gelandang naturalisasi Raphael Maitimo untuk mengimbangi postur pemain Filipina. Sementara itu, Firman Utina dan Samsul Arif, yang mendapat porsi utama saat latihan, sepertinya juga akan dipasang sebagi starter.

Head to head Filipina vs Indonesia:
14 Agu 2013 (PUC) Indonesia 2 – 0 Filipina
05 Jun 2012 (PUC) Filipina 2 – 2 Indonesia
19 Des 2010 (PUC) Indonesia 1 – 0 Filipina
16 Des 2010 (PUC) Filipina 0 – 1 Indonesia

Lima pertandingan terakhir Filipina:
22 Nov 2014 (AFF) Filipina 4 – 1 Laos
14 Nov 2014 (PUC) Filipina 3 – 0 Kamboja
31 Okt 2014 (PUC) Filipina 3 – 0 Nepal
12 Okt 2014 (PUC) Filipina 5 – 0 Papua Nugini
06 Sep 2014 (PUC) Filipina 2 – 3 Myanmar

Lima pertandingan terakhir Indonesia:
22 Nov 2014 (AFF) Vietnam 2 – 2 Indonesia
15 Nov 2014 (PUC) Indonesia 0 – 2 Suria
25 Sep 2014 (PUC) Indonesia 1 – 0 Kamboja
14 Sep 2014 (PUC) Indonesia 2 – 0 Malaysia
09 Sep 2014 (PUC) Indonesia 0 – 0 Yaman

Prakiraan susunan pemain:

Indonesia: Kurnia Meiga, Ahmad Jufriyanto, M. Roby, Rizky Ripora, Zulkifli Syukur; Firman Utina, Raphael Maitimo, Zulham Zamrun, Boaz Salossa, Samsul Arif, Sergio van Dijk.

Filipina: Patrick Deyto; S. Rota, J. Guirado, A. Aguinaldo, Daisuke Sato; J. Lucena, M. Steuble, Manuel Ott, M. Bahadoran; Phil Younghusband, M. Hartmann

Prediksi Skor Indonesia vs Philipina : 2-1

About the Author

-

member id MCI indnesia

twitter euro 2012
-->