prediksi bola
Indonesia Menang 1-0 Lawan Kamboja Lewat Gol Pinalti
Published On: Thu, Sep 25th, 2014

Indonesia Menang 1-0 Lawan Kamboja Lewat Gol Pinalti

Tim nasional Indonesia mampu menutup laga melawan Kamboja dengan kemenangan tipis, 1-0, di Stadion Gelora Deltras Sidoarjo, Kamis (25/9) petang. Dalam laga ini, rotasi besar dilakukan Alfred Riedl, di mana beberapa pemain seperti Stevan Imbiri, Dedi Gusmawan hingga Kurnia Meiga diberi kesempatan tampil.

rapael maitimo cetak gol kamboja

Meski meraih hasil baik, namun permainan Indonesia kurang maksimal. Gol hanya mampu dilesakkan dari titik putih lewat kaki Raphael Maitimo . Kamboja yang dihuni pemain muda tidak bertahan, mereka bermain agresif dan sempat menyulitkan pertahanan Indonesia yang dikomandoi Hamka Hamzah.

Babak Pertama

Indonesia sebagai tuan rumah mengambil inisiatif serangan lebih dulu, penetrasi Anindito Emirmano membuat bek Kamboja harus melanggarnya di daerah ideal. Tendangan bebas pun diberikan untuk kubu Indonesia, sayangnya sepakkan bebas dari Firman Utina tidak berbuah gol.

Kamboja pun tak mau ketinggalan, lewat serangan balik mereka memaksa Indonesia harus melakukan pelanggaran di daerah ideal. Prak Mony Udom yang jadi penendang langsung melesakkannya ke arah gawang. Beruntung tendangan Udom masih melenceng tipis dari gawang kawalan Kurnia Meiga.

Permainan Indonesia belum nampak jelas arahnya, Kamboja yang mengandalkan agresivitas malah nyaris mencuri gol lebih dulu. Lagi-lagi Prak Mony Udom lolos dari kawalan dan mampu menyambut umpan terobosan rekannya. Sayang sepakkan Udom menit 28′ melenceng tipis di sisi kanan gawang Indonesia.

Raphael Maitimo nyaris saja membuat Garuda unggul. Itu ketika pemain naturalisasi asal Belanda menyambut umpan silang Rizky Ripora dari sisi kiri. Sayangnya, bola hasil tandukan Raphael melayang tipis di atas mistar gawang kawalan kiper Kamboja, Sou Vaty.

Menit ke-37 Ripora kembali mengirim umpan manis ke kotak penalti Kamboja. Kali ini umpan terobosan yang diteruskan oleh Anindito dengan tendangan first-time , sayang bola sepakkan Anindito nyasar tak mengarah ke gawang.

Indonesia baru mulai bisa menemukan bentuk permainan ketika paruh pertama tersisa sepuluh menit. Umpan-umpan terobosan dari lini kedua mulai hidup. Kedua bek sayap, Ripora di kiri dan Supardi di kanan, mulai rajin menekan. Gol pun akhirnya didapat tuan rumah lewat titik putih yang dieksekusi Raphael Maitimo.

Pergerakan Zulham Zamrun membahayakan di kotak penalti Kamboja hingga pemain Mitra Kukar itu harus dilanggar, meski pemain Kamboja tak senang dengan keputusan wasit, penalti tetap diberikan untuk tuan rumah. Dan kesempatan itu dimanfaatkan dengan baik oleh Raphael di menit 45′. Skor 1-0 pun bertahan hingga turun minum.

Babak Kedua

Indonesia melakukan pergantian besar-besaran di babak kedua. Tony Sucipto, Stevan Imbiri dan Cristian Gonzales masuk menggantikan Rizky Ripora, Anindito dan Samsul Arif. Namun tak nampak perubahan permainan yang siginifikan hingga laga berjalan satu jam.

Di menit 67′ barisan belakang tuan rumah bahkan sempat lengah dan mampu dimanfaatkan oleh pemain Kamboja. Sisi kanan yang dihuni Supardi kecolongan dan melahirkan umpan ke kotak penalti bagi Kamboja. Suong Virak yang menerima bola sayangnya hanya melepaskan tendangan yang lemah dari sisi kiri. Daerah tersebut yang seharusnya ada Tony Sucipto begitu kopong sehingga Surok Virak bisa melepaskan tendangan.

Koordinasi pertahanan Indonesia begitu buruk dan sama sekali tak membuat para pemain muda Kamboja mati kutu untuk menusuk ke kotak penalti. Menit 70′, Hamka Hamzah bahkan nyaris menceploskan bola ke gawang sendiri, saat salah mengantisipasi umpan terobosan dari pemain Kamboja. Di luar dugaan, Indonesia malah terus ditekan.

Tumpulnya lini depan yang dihuni Gonzales seorang membuat Riedl memasukkan amunisi tambahan untuk sektor serangan, Nur Iskandar dipercaya masuk menggantikan Firman Utina di menit 80′. Merah-Putih begitu kesulitan di babak kedua untuk menciptakan kans yang matang.

Di penghujung laga Indonesia mampu menggandakan keunggulan lewat Gonzales yang menerima umpan tendangan bebas dari Stevan Imbiri, sayang gol tersebut dianulir karena telah terjadi pelanggaran terlebih dahulu. Dan akhirnya, skor 1-0 untuk Indonesia bertahan hingga laga usai. Kamboja benar-benar alot untuk Firman Utina dan kolega sore ini. (goal-id)

Susunan Pemain

Indonesia : Meiga; Supardi, Fachrudin, Hamka, Ripora; Maitimo, Bustomi; Zulham, Firman, Anindito; Samsul Arif.

Kamboja : Sou Vaty; Sok Sovan, Daravorn, Samoeun, Visal; Ngoy Srin, Ouk Sothy, Prak Mony, Suong Virak; Sokumpheak, Soksana.

About the Author

-

member id MCI indnesia

twitter euro 2012
-->